Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hoax 39: Perekonomian Desa Sawit Lebih Lemah Daripada Desa Non-Sawit

Hoax 39: Perekonomian Desa Sawit Lebih Lemah Daripada Desa Non-Sawit Kredit Foto: Kementerian Pertanian Republik Indonesia
ToP Core, Jakarta -

Perkembangan perekonomian desa yang masyarakatnya dominan terlibat pada perkebunan kelapa sawit (disebut dengan Desa Sawit) ditemukan sangat beragam.

Sejumlah studi yang dirangkum PASPI menemukan, hal tersebut ditunjukkan dengan para petani sawit mengembangkan berbagai pola integrasi usaha seperti integrasi sawit dengan tanaman pangan pada masa TBM/immature dan integrasi sawit-ternak pada fase Tanaman Menghasilkan/mature. Selain berkontribusi terhadap peningkatan suplai pangan, pola integrasi ini juga meningkatkan keragaman sektor ekonomi di Desa Sawit.

Baca Juga: Dari Aceh, 10 Ribu Ton Cangkang Sawit Terbang ke Jepang

“Di luar perkebunan kelapa sawit, juga berkembang usaha-usaha ekonomi lainnya seperti jasa transportasi dan pengangkutan, jasa keuangan, jasa perdagangan, jasa warung/kedai makanan minuman dan sektor lainnya,” catat PASPI. 

Tidak hanya itu, studi PASPI (2022) juga mengungkapkan bahwa jumlah dan pertumbuhan UMKM kedai makanan/minuman di Desa Sawit lebih besar dan tumbuh lebih cepat secara signifikan dibandingkan Desa Non-Sawit. Perkembangan kegiatan ekonomi di Desa Sawit yang dihela oleh perkebunan kelapa sawit berkontribusi pada peningkatan kemajuan ekonomi desa yang bersangkutan.

“Ekonomi Desa Sawit lebih tinggi dan meningkat lebih cepat dibandingkan dengan Desa Non-Sawit,” catat PASPI. 

Baca Juga: Hoax 38: Minyak Sawit Tidak Mampu Feeding the World

Pertumbuhan perkebunan kelapa sawit di pedesaan mampu meningkatkan kapasitas perekonomian desa dalam menghasilkan output, pendapatan, dan kesempatan kerja, baik pada perkebunan maupun pada sektor lain di kawasan pedesaan. Perkebunan kelapa sawit berperan sebagai lokomotif yang mampu menarik berkembangnya sektor- sektor ekonomi lainnya sehingga meskipun leading sector ekonomi suatu desa adalah perkebunan kelapa sawit, namun perkebunan kelapa sawit tersebut telah menumbuh-kembangkan berbagai sektor ekonomi sehingga meningkatkan keragaman ekonomi dari Desa Sawit. 

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Bagikan Artikel: