Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hoax 48: Tidak Ada Manfaat Produk Sawit Bagi Kesehatan Kulit

Hoax 48: Tidak Ada Manfaat Produk Sawit Bagi Kesehatan Kulit Kredit Foto: Antara/Akbar Tado
ToP Core, Jakarta -

Minyak sawit merupakan salah satu sumber oleokimia alami yang tersedia di alam. Salah satu produk olahan berbasis oleokimia sawit yang telah banyak digunakan masyarakat dunia adalah biosurfaktan seperti produk-produk personal care dan toiletries seperti sabun, deterjen, sampo, skincare, kosmetik dan lain-lain. 

Melansir studi yang dirangkup PASPI, biosurfaktan sawit yang diaplikasikan pada produk sabun, deterjen dan produk kebersihan lainnya, memiliki karakteristik disperse yang baik dengan sifat penyabunan yang baik terutama pada air. 

Studi PASPI mencatatkan, biosurfaktan sawit memiliki kemampuan untuk menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat berperan sebagai cleansing agent yang menghasilkan efek busa banyak dan memiliki sifat mikroba spektrum luas yang efektif mematikan bakteri dan virus, serta dapat dengan mudah mengangkat kotoran namun tetap menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Wujudkan Akselerasi SDGs, Industri Sawit Dijadikan Role Model

Penggunaan minyak sawit dan turunannya sebagai produk perawatan kulit (skincare) juga semakin diminati oleh masyarakat global. Hal ini dikarenakan minyak sawit adalah bahan alami yang memiliki keunggulan dari segi keamanan dibandingkan minyak mineral maupun komponen sintesis.

“Produk skincare berbasis sawit yang dihasilkan bebas dari senyawa hidrokarbon polisiklik aromatik yang berbahaya bagi kulit manusia,” catat PASPI. 

Studi Longganathan et.al (2010) dalam PASPI menyimpulkan bahwa komponen senyawa bioaktif seperti karoten (vitamin A) dan vitamin E pada minyak sawit yang kaya antioksidan memiliki manfaat bagi kesehatan kecantikan kulit seperti melembabkan kulit, mempercepat penyembuhan luka bakar, mampu meregenerasi kulit, serta memperlambat penuaan (anti-aging). 

Tidak hanya itu, senyawa bioaktif lainnya yang terkandung dalam minyak sawit seperti squalene dan ubiquinone juga menjadi salah satu komposisi yang banyak digunakan pada produk skincare

Baca Juga: Hoax 15: Industri Sawit Merupakan Bisnis Konglomerasi

Studi PASPI menemukan, squalene mampu memberikan kelembaban pada kulit khususnya bagi kulit sensitif, memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV hingga mengatasi kulit berjerawat dan berminyak.

Sementara itu, penggunaan ubiquinone yang dikombinasikan dengan karoten juga efektif untuk memperlambat penuaan pada kulit seperti mengurangi kerutan dan mengatasi inflamasi. Bahkan kandungan asam palmitat pada minyak sawit membuat produk tersebut lebih aman digunakan oleh semua jenis kulit karena bersifat non-comedogenic.

“Kandungan senyawa bioaktif dalam minyak sawit menambah keunggulan produk toiletries dan skincare berbasis minyak sawit karena dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit,” catat PASPI. 

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: