Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Peningkatan Peserta di Bursa CPO, Ini Langkah Strategis ICDX

Dorong Peningkatan Peserta di Bursa CPO, Ini Langkah Strategis ICDX Kredit Foto: ICDX
ToP Core, Jakarta -

Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) terus melakukan Sosialisasi Penyelenggaraan Pasar Fisik CPO ke berbagai daerah bersama dengan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) serta melibatkan Pemerintah Daerah. Salah satunya, ICDX melakukan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/11).

 “Sosialisasi yang kami jalankan ini merupakan langkah strategis ICDX untuk mendorong peningkatan jumlah peserta. Peningkatan jumlah peserta ini menjadi penting, karena pada akhirnya juga akan mendorong pertumbuhan volume transaksi,” kata VP Bursa CPO ICDX Yohanes F. Silaen, dilansir dari laman resmi ICDX pada Selasa (28/11). 

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Negara Ini Juga Minyak Tambahan Minyak Sawit Dari Malaysia

Lebih lanjut dikatakan Yohanes, Pontianak dipilih lantaran Provinsi Kalimantan Barat memiliki perkebunan kelapa sawit yang luas, dan tentunya akan menjadi strategis dalam ekosistem Bursa CPO. Kegiatan ini diikuti 123 perusahaan pabrik pengolahan kelapa sawit. 

Perlu diketahui, Provinsi Kalimantan Barat memiliki potensi besar dalam industri kelapa sawit nasional. Data Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyebutkan, saat ini terdapat lahan kelapa sawit seluas 3,4 juta hektar yang sudah memiliki Izin Usaha Perkebunan (IUP).

“Para petani serta pabrik pengolahan kelapa sawit tentunya menjadi pemangku kepentingan utama di ekosistem Bursa CPO ini, dan menjadi tugas ICDX untuk memberikan sosialisasi terkait mekanisme perdagangan CPO di Bursa kepada para pemangku kepentingan tersebut,” ungkap Yohanes. 

Baca Juga: Sejak Diresmikan Pekan Lalu, Bursa CPO ICDX Lakukan Perdagangan Kontrak Fisik Perdana

Yohanes menambahkan, kedepan, ICDX akan terus melakukan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan di ekosistem Bursa CPO ke berbagai daerah yang menjadi sentra perkebunan kelapa sawit. Sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah untuk pelaksanaan CPO, ICDX juga memiliki tanggung jawab untuk menyukseskan program pemerintah untuk pembentukan harga acuan CPO dunia. 

“ICDX akan terus melakukan upaya untuk meningkatkan jumlah peserta di Bursa CPO. Sampai dengan saat ini, sebanyak 27 peserta yang merupakan gabungan penjual dan pembeli. Jumlah peserta ini mengalami peningkatan dari sebelumnya sebanyak 18 peserta. Kami optimis, seiring waktu berjalan jumlah peserta akan mengalami peningkatan,” ungkap Yohanes.

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Bagikan Artikel: