Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bertemu Wakil PM Slovakia, Wapres Minta Dukungan Tak Ada Kebijakan Diskriminatif

Bertemu Wakil PM Slovakia, Wapres Minta Dukungan Tak Ada Kebijakan Diskriminatif Kredit Foto: Wapresri
ToP Core, Jakarta -

Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin bertemu dengan Wakil Perdana Menteri (PM) Republik Slovakia, Denisa Saková, di Kantor Wakil PM, Bratislava, Senin (27/11/2023). 

Dalam kesempatan ini, Ma’ruf memaparkan pentingnya penguatan kemitraan strategis kedua negara, termasuk melalui peningkatan kerja sama ekonomi, pertahanan, IPTEK, hingga tenaga kerja.

“Saya berharap kunjungan ini akan memberikan kontribusi positif bagi hubungan Indonesia dan Slovakia yang sudah berusia 30 tahun.” tuturnya.

Dalam bidang ekonomi dan perdagangan, Ma’ruf menyebutkan bahwa potensi kerja sama kedua negara cukup besar.

Baca Juga: WTO Sepakat Tinjau Ulang Bea Masuk Biodiesel Indonesia ke Uni Eropa

“Saya mengharapkan Slovakia dapat menjadi pintu masuk produk Indonesia ke Uni Eropa termasuk untuk produk halal,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Ma’ruf, untuk mengoptimalkan potensi kerja sama ekonomi, mohon dukungan Slovakia untuk dua hal. Pertama, terkait negosiasi Indonesia-EU CEPA yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023. 

Selanjutnya kedua, dukungan untuk memastikan tidak adanya hambatan dagang dan kebijakan diskriminatif seperti Regulasi Deforestasi Uni Eropa (European Union Deforestation Regulation/EUDR) dan Peraturan Penegakan Perdagangan Internasional Uni Eropa (European Union Enforcement Regulation/ EUER) yang mengancam kelangsungan hidup petani kecil di Indonesia.

“Saya percaya, Slovakia dan negara Eropa lainnya membutuhkan komoditas Indonesia,” ujarnya.

Menyambut baik paparan Ma’ruf, Wakil PM Slovakia Denisa Saková mengatakan bahwa Slovakia terus berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi dan perdagangan, termasuk dengan menjadi hub sekaligus pintu masuk produk Indonesia ke Eropa.

Baca Juga: Dorong Peningkatan Peserta di Bursa CPO, Ini Langkah Strategis ICDX

“Slovakia akan mendukung negosiasi Indonesia di EUCEPA, seperti yang telah kami lakukan untuk Singapura dan Vietnam,” tegasnya.

Kemudian, Denisa mengungkapkan bahwa Slovakia siap mengembangkan kerja sama dalam bidang infrastruktur di Indonesia seperti EBTKE, perkeretaapian, otomotif, dan PLTN. Di samping juga melanjutkan kerja sama dengan Kementerian Pertahanan untuk pengembangan industri pertahanan, dan dengan BMKG untuk pengembangan stasiun meteorologi di berbagai bandara di Indonesia.

Terakhir, terkait Keanggotaan Indonesia di OECD, Denisa memastikan bahwa Slovakia akan mendukung penuh, karena hal ini sangat bermanfaaat untuk pengembangan kerja sama antarnegara anggota OECD.

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Bagikan Artikel: