Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sepanjang Tahun 2023, 20 Anak Perusahaan Musim Mas Group Raih Penghargaan PROPER dari KLHK

Sepanjang Tahun 2023, 20 Anak Perusahaan Musim Mas Group Raih Penghargaan PROPER dari KLHK Kredit Foto: Musim Mas Group
ToP Core, Jakarta -

Sepanjang tahun 2023, sebanyak 20 anak perusahaan Musim Mas Group meraih penghargaan PROPER 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Perolehan penghargaan tersebut menambah daftar kepatuhan Musim Mas atas kinerja dalam pengelolaan lingkungan, ekoinovasi, inovasi sosial, dan kepemimpinan lingkungan. Tujuannya, untuk mendorong ketaatan industri terhadap peraturan perundangan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

Secara rinci, dari total 20 penghargaan PROPER 2023 yang diperoleh Musim Mas Group, 11 PROPER Biru didapat oleh 11 anak perusahaan di sektor Pabrik Kelapa Sawit (PKS), sedangkan 9 PROPER Biru didapat oleh 2 anak perusahaan di sektor PKS dan 7 anak perusahaan di sektor Perkebunan.

Baca Juga: Musim Mas Women Smallholders Program Gunakan Metode Edukatif Nan Menyenangkan

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong, pada Rabu (20 Desember 2023), yang dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

General Manager Corporate Affairs Musim Mas Group Teuku Kanna Rhamdan mengatakan, pihaknya sangat bangga dan senang dengan pencapaian PROPER dalam menutup tahun ini. Lantaran, ungkap Teuku, jumlah anak usaha perusahaan yang menerima PROPER bertambah menjadi 14 perusahaan dari pabrik dan perkebunan.

“Strategi dan kebijakan keberlanjutan Musim Mas menjadi acuan yang diterapkan diseluruh lini perusahaan. Kami terus meningkatkan standar untuk produksi minyak sawit berkelanjutan. Kepedulian kami atas lingkungan juga kami realisasikan dengan mengadopsi Agriculture Sector Roadmap to 1,5 derajat celcius bersama perusahaan-perusahaan serupa, yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon dari penggunaan dan pengelolaan lahan. Tentunya, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di sektor kelapa sawit,” ujarnya, dalam keterangan tertulis. 

Baca Juga: Kembangkan Energi Terbarukan, Uji Coba Penuh Kapasitas Reaktor B100 Berjalan Sukses

Berikut perusahaan-perusahaan Musim Mas Group yang menerima PROPER Hijau yaitu PT Agrowiratama (PKS), PT Berkat Sawit Sejati (PKS), PT Indomakmur Sawit Berjaya (PKS), PT Maju Aneka Sawit (PKS), PT Musim Mas PKS Batang Kulim (PKS), PT Musim Mas PKS Pangkalan Lesung (PKS), PT Sinar Agro Raya (PKS), PT Siringgo Ringgo (PKS), PT Sukajadi Sawit Mekar PKS SSM1 (PKS), PT Sukajadi Sawit Mekar SSM2 (PKS), dan PT Unggul Lestari (PKS).

Sementara perusahaan-perusahaan Musim Mas Group yang menerima PROPER Biru yaitu PT Bahana Nusa Interindo (PKS), PT Sarana Esa Cita, PT Sarana Esa Cita (Perkebunan), PT Musim Mas (Perkebunan), PT Guntung Idaman Nusa (Perkebunan), PT Sukajadi Sawit Mekar (Perkebunan), PT Maju Aneka Sawit (Perkebunan), PT Globalindo Alam Perkasa (Perkebunan), dan PT Mulia Indah (Perkebunan).

Baca Juga: Biodiesel, Strategi Tepat Dalam Menjaga Stabilisasi Harga Minyak Sawit

Pada kesempatan itu, saat memberikan sambutan di penghargaan PROPER 2023, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, saat ini dunia tengah dihadapkan pada tiga krisis lingkungan yaitu perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan pencemaran lingkungan. Masalah lingkungan hidup ini adalah persoalan universal yang menuntut penyelesaian secara seksama dan bersama-sama salah satunya melalui pembangunan berkelanjutan.

“Keberhasilan pembangunan keberlanjutan membutuhkan dukungan semua sektor dan pemangku kepentingan mulai dari pemerintah, akademisi, komunitas dan entitas bisnis,” ucapnya. 

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: