Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laksanakan Pelatihan Kaderisasi, Musim Mas Targetkan Women Smallholders Program Jangkau Lebih Banyak Perempuan di Perkebunan

Laksanakan Pelatihan Kaderisasi, Musim Mas Targetkan Women Smallholders Program Jangkau Lebih Banyak Perempuan di Perkebunan Kredit Foto: Musim Mas
ToP Core, Jakarta -

Musim Mas Group mengawali tahun baru dengan menyelesaikan sesi Training of Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Women Smallholders Program, belum lama ini.

Pelatihan ini ditujukan bagi petani perempuan dan istri petani yang telah mengikuti Women Smallholders Program Musim Mas pada pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, untuk menjadi trainer atau pelatih bagi komunitasnya. 

Sesi pelatihan yang diselenggarakan pada 9 - 11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Para kader ini dipersiapkan untuk dapat memberikan pelatihan bagi petani perempuan dan istri petani lainnya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit binaan Musim Mas, serta perkumpulan perempuan setempat, dengan pendampingan dari tim lapangan Musim Mas.

Baca Juga: Musim Mas Women Smallholders Program Gunakan Metode Edukatif Nan Menyenangkan

Project Leader Women Smallholders Program Musim Mas, Linda Wati, mengatakan peran perempuan di perkebunan, khususnya kelapa sawit, sangat penting. Selain pekerjaan domestik, seperti memastikan aktivitas dalam rumah tangga berjalan dengan baik, serta memenuhi semua kebutuhan keluarganya, mereka juga membantu pekerjaan dalam pengelolaan kebun, serta melakukan fungsi sosial di masyarakat melalui kegiatan setempat.

“Kami ingin menjadikan ini sebagai program yang berkelanjutan dan berdampak lebih luas. Melalui Training for Trainers, para kader dibekali pelatihan untuk menjadi agen perubahan di dalam komunitasnya, terutama dalam mempengaruhi, mengubah, dan menanamkan perilaku sehat terkait nutrisi, gizi balita dan kesehatan keluarga. Kami bangga akan hadirnya kader-kader pelatihan ini yang telah mendedikasikan waktu mereka untuk bisa berbagi dengan para perempuan perkebunan di daerah mereka,” jelas Linda. 

Baca Juga: BPDPKS Serahkan Perjanjian Kerjasama Pendanaan Program Mandatori Biodiesel Tahun 2024

Perlu diketahui, tahun lalu, Musim Mas telah menyelesaikan pelatihan pertama Women Smallholders Program terkait Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, yang diikuti oleh lebih dari 500 petani perempuan dan istri petani kelapa sawit swadaya di tiga kabupaten di Provinsi Riau.

Selanjutnya, Musim Mas akan meneruskan dan menjangkau lokasi yang lebih luas lagi terkait pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, serta mengembangkan modul pelatihan lainnya untuk Women Smallholders Program, yaitu Literasi Keuangan, dan Peluang Bisnis Rumahan.

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Bagikan Artikel: