Menu
Economic
Social
Environmental
Hoax Buster
Technology & Innovation
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antusiasme Peserta Kaderisasi Program ToT Women Smallholders Program Musim Mas

Antusiasme Peserta Kaderisasi Program ToT Women Smallholders Program Musim Mas Kredit Foto: Musim Mas
ToP Core, Jakarta -

Musim Mas Group telah menyelesaikan sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Women Smallholders Program pada 9 – 11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta terpilih dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu.

Pelatihan untuk para kader yang berlangsung selama tiga hari ini diberikan oleh dua akademisi Universitas Sumatera Utara (USU) yang memang dilibatkan Musim Mas sejak awal program ini. Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H, memberikan metode pelatihan dan penggunaan alat peraga yang efektif dalam melakukan pelatihan; sedangkan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D, memberikan pendalaman materi terkait nutrisi dan kesehatan keluarga.

Para kader juga mendapatkan perlengkapan pendukung pelatihan, seperti alat peraga, permainan, serta modul dan kalender kesehatan untuk memantau pola hidup sehat yang akan diterapkan peserta pelatihan mereka nanti.

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2023, 20 Anak Perusahaan Musim Mas Group Raih Penghargaan PROPER dari KLHK

“Antusiasme para ibu peserta kaderisasi untuk belajar dan nantinya berbagi pengetahuan ini, patut diapresiasi. Meski materi pelatihan mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka, namun menjadi pelatih merupakan pengalaman baru bagi mereka, sehingga membutuhkan latihan dan waktu untuk dapat melakukannya. Inisiatif Musim Mas untuk melakukan perubahan positif bagi perempuan di perkebunan sawit, dengan menghadirkan kader-kader ini, sangat menginspirasi,” ujar Dr. Fotarisman Zaluchu.

Hasil nyata yang dirasakan para kader pelatih setelah menerapkan pola hidup sehat yang mereka pelajari saat mengikuti pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga Women Smallholders Program, menjadi motivasi mereka untuk bisa berbagi dengan perempuan lainnya di komunitas mereka.

“Saya ingin menjadi kader pelatih karena saya peduli pada ibu-ibu lain agar mereka juga bisa menerapkan hidup sehat. Dengan mengikuti program pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga yang diselenggarakan Musim Mas, saya telah dapat melakukan perubahan yang lebih baik di dalam keluarga. Mulai dari mengatur pola makan yang baik sehingga berat saya badan turun dan hasil pemeriksaan Kesehatan diri saya membaik. Bahkan saya dapat membantu suami untuk mengurangi kebiasaan merokoknya,” tutur Ibu Rizka, salah seorang peserta pelatihan kader pelatih dari Kabupaten Pelalawan. 

Baca Juga: Laksanakan Pelatihan Kaderisasi, Musim Mas Targetkan Women Smallholders Program Jangkau Lebih Banyak Perempuan di Perkebunan

Perlu diketahui, tahun lalu, Musim Mas telah menyelesaikan pelatihan pertama Women Smallholders Program terkait Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, yang diikuti oleh lebih dari 500 petani perempuan dan istri petani kelapa sawit swadaya di tiga kabupaten di Provinsi Riau.

Selanjutnya, Musim Mas akan meneruskan dan menjangkau lokasi yang lebih luas lagi terkait pelatihan Nutrisi dan Kesehatan Keluarga, serta mengembangkan modul pelatihan lainnya untuk Women Smallholders Program, yaitu Literasi Keuangan, dan Peluang Bisnis Rumahan. 

Penulis/Editor: Ellisa Agri Elfadina

Bagikan Artikel: